Alasan Pemakaian Proyeksi PA Prone pada Pemeriksaan Intra Vena Pyelography (IVP) pada Menit 30

Masih semangat belajar?? Sudah lama nih gak posting. Kali ini saya mau berbagi ilmu yang saya dapatkan saat Praktek Kerja Lapangan II ini, tentang apa sih alasan dilakukannya proyeksi PA dengan posisi pasien Prone (tidur telungkup) pada pemeriksaan Intra Vena Pyelography (IVP) menit 30.

Dari hasil wawancara dengan radiolog maupun radiografer pada sebuah Instalasi Radiologi tempat saya menjalani PKL dapat saya simpulkan alasan dilakukannya proyeksi PA (Postero Anterior) dengan posisi pasien prone yaitu sebagai berikut.

Pada pemeriksaan radiografi IVP menit 30 bertujuan untuk melihat pengisian media kontras pada sepertiga distal ureter  dan pada kandung kemih (VU). Dapat kita lihat bahwa letak anatomis dari sepertiga distal ureter dan kandung kemih lebik ke arah anterior sehingga lebih baik digunakan proyeksi PA dengan posisi pasien prone. Selain itu muara distal ureter  pada kandung kemih (uretrovesico junction) letaknya di posterior kandung kemih. Sehingga dengan penggunaan Proyeksi PA dengan posisi pasien prone dapat memperlihatkan muara ureter pada kandung kemih.

Terimakasih setia dengan Bocah Radiography

Semoga dapat bermanfaat untuk kalian.:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s