Teknik Pemeriksaan Radiografi Histerosalpingografi (HSG)

Helloow…….:D terimakasih masih setia dengan Bocah radiography. Kali ini ayo kita sama-sama belajar tentang Teknik Pemeriksaan Radiografi Histerosalpingografi (HSG). Histerosalpingografi atau HSG sendiri pengertiannya adalah Pemeriksaan secara radiologi organ reproduksi wanita bagian dalam pada daerah uterus, tuba fallopii, cervix dan ovarium mengunakan media kontras positif. Pemeriksaan ini biasanya sering dilakukan pada ibu-ibu dengan indikasi Infertil baik primer maupun sekunder. Akan tetapi juga bisa dilakukan untuk indikasi-indikasi lain yang tentunya merupakan kelainan pada organ reproduksi wanita.

Indikasi Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG)

Indikasi pemeriksaan Histerosalpingografi adalah :

  1. Menentukan keberhasilan tindakan operasi sterilitas,
  2. Sterilitas primer maupun sekunder untuk melihat normal tuba (paten tidaknya tuba),
  3. Fibronyoma pada uteri,
  4. Hypoplasia endometri,
  5. Perlekatan-perlekatan dalam uterus,adenomiosis.

Kontra Indikasi Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG)

Kontra Indikasi dari pemeriksaan HSG adalah :

  1. Menstrurasi,
  2. Peradangan dalam rongga pelvis,
  3. Persarahan dalam kavum uteri,
  4. Alergi terhadap bahan kontras,
  5. Setelah dikerjakannya curettage,
  6. Kecurigaan adanya kehamilan.

A.   PROSEDUR PEMERIKSAAN

1. Pelaksanaan Pemeriksaan HSG

Sebaiknya pemeriksaan HSG dilaksanakan pada masa Subur / Fertile efektifnya yaitu 10 hari setelah HPHT (Hari Pertama Haid Terahir). Akan tetapi pada prakteknya tidak pasti sperti itu. Untuk pasien dengan siklus haid Normal ( Haid 7 hari) maka pemeriksaan dilakukan 10-14 hari setlah HPHT. Dan untuk pasien dengan  siklus haid tidak Normal maka pemeriksaan dilakukan 3-4 hari setelah haid selesai

2. Persiapan Pasien

Persiapan penderita untuk pemeriksaan HSG adalah sebagai berikut :

  1. Penderita sejak hari pertama menstruasi yang terakhir sampai hari kesepuluh tidak diperkenankan melakukan persetubuhan (koitus) terlebih dahulu.
  2. Pada pemeriksaan sebaiknya rektum dalam keadaan kosong, hal ini dapat dilakukan dengan memberi penderita tablet dulcolak suposutoria beberapa jam sebelum pemeriksaan atau sebelum lavemen.
  3. Untuk mengurangi ketegangan dan rasa sakit, atas perintah dokter penderita dapat diberi obat penenang, dan anti spasmodik.
  4. Sebelum pemeriksaan yang dilakukan penderita untuk buang air kecil terlebih dahulu untuk menghindari agar penderita tidak buang air selama jalannya pemeriksaan sehingga pemeriksaan tidak terganggu dan berjalan lancar.
  5. Berikan penjelasan pada pasien maksud dan tujuan pemeriksaan yang akan dilakukan, serta jalannya pemeriksaan agar pasien merasa aman dan tenang sehingga dapat diajak kerjasama demi kelancaran pemeriksaan.

3. Pemasukan Media Kontras

Pemasukan media kontras bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan HSG Set dan dengan Katerer. Media kontras yang dipakai adalah media kontras positif jenis Iodium water soluble yang sering digunakan adalah Urografin 60%, Urografin 76 %.

1. Pemasukan media kontras menggunakan HSG Set

  • Setelah pasien diposisikan lithotomi, daerah vagina diberikan menggunakan desinfektan, diberi juga obat antiseptik daerah cervix.
  • Spekulum digunakan untuk membuka vagina dan memudahkan HSG Set masuk kemudian bagian dalam vagina dibersihkan dengan betadin, kemudian sonde uteri dimasukan untuk mengukur kedalaman serta arah uteri.
  • Siapkan HSG set yang telah dimasuki media kontras, sebelum dimasukkan terlebih dahulu semprotkan media kontras sampai keluar dari ujung HSG set..
  • Dengan bantuan long forcep, HSG set dimasukan perlahan ke ostium uteri externa.
  • Pasien diposisikan ditengah meja pemeriksan dan mulai disuntikan media kontras jumlahnya sekitar 6 ml atau lebih
  • Media kontras akan mengisi uterus dan tuba fallopii, atur proyeksi yang akan dilakukan serta ambil radiografinya
  • Setelah semua proyeksi dilakukan kemudian daerah vagina dibersihkan.

2. Pemasukan media kontras menggunakan Kateter

  • Setelah pasien diposisikan lithotomi, daerah vagina diberikan menggunakan desinfektan, diberi juga obat antiseptik daerah cervix.
  • Spekulum digunakan untuk membuka vagina dan memudahkan kateter masuk kemudian bagian dalam vagina dibersihkan dengan betadin, kemudian sonde uteri dimasukan untuk mengukur kedalaman serta arah uteri.
  • Spuit yang telah terisi media kontras dipasang pada salah satu ujung kateter, sebelumnya kateter diisi terlebih dahulu dengan media kontras sampai lumen kateter penuh.
  • Dengan bantuan long forcep, kateter dimasukan perlahan ke ostium uteri externa
  • Balon kateter diisi dengan air steril kira-kira 3 ml sampai balon mengembang diantara ostium interna & externa, balon ini harus terkait erat pd canalis servicalis, kemudian spekulum dilepas.
  • Pasien diposisikan ditengah meja pemeriksan dan mulai disuntikan media kontras jumlahnya sekitar 6 ml atau lebih
  • Media kontras akan mengisi uterus dan tuba fallopii, atur proyeksi yang akan dilakukan serta ambil radiografinya
  • Balon dikempeskan dan kateter dapat ditarik secara perlahan
  • Setelah semua proyeksi dilakukan kemudian daerah vagina dibersihkan.

B.   PROYEKSI

Untuk pemasukan media konrad dengan HSG set maupun kateter proyeksi yang digunakan sama. Foto diambil dengan proyeksi sebagai berikut.

  • AP Plan foto
  • AP dengan Kontras
  • Oblik dengan Kontras
  • AP Post miksi
  1. Proyeksi AP

Proyeksi AP ini digunakan untuk plan foto, proyeksi setelah dimasukannya media kontras,dan post miksi. Prosedurnya sebagai berikut:

Posisi Pasien : pasien tidur supine di atas meja pemeriksaan untuk plan foto dan post miksi, lakukan posisi Lithotomi saat pemasukan HSG Set atau kateter dan untuk proyeksi AP setelah pemasukan media kontras.

Posisi Objek : Daerah pelvis true AP dan atur MSP tbuh pada pertengahan kaset atau meja pemeriksaan. Atur kaset pada posisi membujur.

Central Ray  : Vertical tegak lurus film

Central Point: 5 cm proximal symphisis phubis

  1. Proyeksi Oblique

Proyeksi Oblique ini digunakan untuk proyeksi setelah dimasukannya media kontras pada vagina. Prosedurnya sebagai berikut:

Posisi Pasien: Pasien tidur semi supine ke salah satu sisi tubuh (LPO atau RPO)

Posisi Objek : Atur daerah pelvis posisi oblik kira-kira 45 derajat. Atur kaset pada posisi membujur.

Central Ray  : Vertical tegak lurus film

Central Point: 5 cm proximal symphisis pubis

- RPO : 2 cm kearah kiri dari MSP

- LPO  : 2 cm kearah kanan dari MSP

Kriteria radiograf:

Hal berikut ini perlu dibuktikan dengan jelas:

  • Daerah panggul 2 inci (5 cm) di atas simfisis pubis terpusat pada film radiografi
  • Semua media kontras terlihat, termasuk setiap daerah “tumpahan”
  • Sebuah skala pendek dari kontras pada radiografi
About these ads

55 thoughts on “Teknik Pemeriksaan Radiografi Histerosalpingografi (HSG)

  1. 3 taun kmren sy melkkukan hsg di banjarmasin.stlah sy mlkkukan hsg,sy lsng alergi bengkak2,sesak nafas.sy lsng diopname slma 3 hri.dan kmren tepatnya tgl 4juni 2012 sy mulai priksa ƪȁȢï ke Dr kandungan,priksa dr awal ƪȁȢï.dan Dr itu menyarankan sy untk hsg ƪȁȢï.sy pergi hsg di boromeus,sblum sy hsg,sy konsultasi dlu dgn Dr radiologinya,bhwa sy prnh alergi,bengkak2,dan sesak nafas akibat hsg,stlah mndengar pnjlsan sy,Dr trsbut tidak berani mengambil tndakan untuk sy periksa hsg,akhirnya sy plang ƪȁȢï.yg mau sy tanyakan :
    1.Apa ada jalan lain lgi untuk hsg tanpa hrs alergi sprti yg sdh sy jelaskan tdi?
    2.Apa alergi akibat hsg bsa menyebkan kematian?
    3.Apa yg hrs sy lakukan krna sy pgn hsg,tp gk berani krna alergi tsb…tlong infonya ya..sya bingung nih mksih

    1. trimakasih atas pertanyaannya mba dyan. dari artikel disaya mengenai Teknik Pemeriksaan Radiografi Histerosalpingografi (HSG)disitu disebutkan adanya kontra indikasi dilakukannya pemeriksaan HSG, salah satunya yaitu adanya alergi media kontras. seharusnya untuk semua pemeriksaan radiografi yang menggunakan media kontras (salah satunya HSG) sebelum dilakukannya pemeriksaan dokter atau radiografer harus bertanya pada pasien apakah punya riwayat alergi dengan obat maupun media kontras. sehingga seharusnya tidak ada kejadian seperti yang mba dyan alami.
      saya akan mencoba menjawab pertanyaan mba dyan.

      1.Apa ada jalan lain lgi untuk hsg tanpa hrs alergi sprti yg sdh sy jelaskan tdi?
      jawab: alergi media kontras pada pemeriksaan HSG sebenarnya jarang terjadi tapi untuk pasien seperti mba dyan yang alergi terhadap media kontras yang digunakan memang harusnya tidak dilakukan pemeriksaan HSG karena sangat beresiko. akan tetapi pemeriksaan itu menurut saya dapat diganti dengan pemeriksaan MRI cervic ataupun USG Trasnveginal.akan tetapi USG transvaginal ini menggunakan probe/alat khusus dan tidak semua alat usg punya probe jenis ini.

      2.Apa alergi akibat hsg bsa menyebkan kematian?
      jawab: untuk alergi akibat HSG bisa atau tidak saya kurang tahu. akan tetapi alergi pada media kontras yang digunakan pada pemeriksaan dengan media konras (salah satunya HSG) dapat menimbulkan efek dari efek ringan seperti gatal-gatal, mual, tekanan darah meningkat sampai efek yang paling berat yaitu kematian. oleh karena itu untuk pasien dengan alergi media kontras pemeriksaan ini seharusnya tidak dilakukan. Dr. yang memeriksa mba dyan itu mengambil keputusan yang tepat karena jika pemeriksaan dilakukan akan sangat berisiko.

      3.Apa yg hrs sy lakukan krna sy pgn hsg,tp gk berani krna alergi
      Jawab: mungkin seperti yang saya utarakan tadi mba dyan bisa periksa organ reproduksi anda menggunakan MRI cervic ataupun USG Transvaginal. akan tetapi harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentunya.

      mungkin itu jawaban saya semoga dapat membantu anda karena saya juga masih belajar..
      trimakasih tetap berkunjung di bocahradiography.wordpress.com :D

  2. mlm…
    Saya mau nanya senin bsk saya mau melalukan HSG
    kmren tgl 13 saya hari pertama menstrusai hari ke 4 saya udh bersih trs hari ke 6 saya berhubungan sama suami saya gk tahu klo mau HSG tidak boleh berhubungan sampe tes HSG
    kira2 msh bisa gk ya klo bsk senin saya mau HSG?
    Mksh

    1. sebelumnya saya ucapkan terimakasih sudah mau mampir di bocah radiography.
      umh kalau menurut saya ibu konsulkan dulu ke radiologi dlu. karena pemeriksaan HSG ini memerlukan persiapan khusus seperti tidak boleh berhubungan dulu sbelum dilakukannya pemeriksaan. biasanya ibu akan diberi penjelasan dahulu. bila prsiapan itu tidak dipenuhi kemungkinan pemeriksaan akan diundur dan ibu akan melakukan ersiapan kembalidari awal.
      mungkin itu yg bisa saya jelaskan.
      semoga pemeriksaan yg akan ibu lalukan berjalan lancar. :)

  3. boleh gak pemeriksaan HSG dipercepat 1 atw 2 hr jadinya jatuh hari ke 7 dan 8 terhitung hr pertama menstruasi … rencananya saya mw HSG tp berhubung hr ke 9 dan 10 stelah menstruasi itu hari libur …

    1. maaf baru Reply comen ibu. Sebetulnya Pemeriksaan HSG efektifnya dilakukan pada hari ke 9-10 dari Hari pertama haid terahir. Akan tetapi untuk diajuin pada hari ke 7 atau 8 boleh saja dengan catatan sudah bersih dari darah mensturasi. mungkin itu jawaban yg bisa saya berikan semoga bermanfaat. :)

  4. rika
    mas,saya udah punya anak satu umurnya 10tahun,skrg saya mau nambah anak lg….disarankan dokter untuk hsg tapi saya takut karena banyak yang bilang sakit….gimana menurut mas ya?saya perna operasi kista 7tahun yg lalu?makasi

    1. wah terimakasih atas pertanyaanya. Setelah saya tanyakan pada dosen saya beliau menjawab gini. “ HSG itu utk melht saluran sel telur, apalagi dl ibu operasi kista 7 th yll, siapa tahu saluran telur tsb memang terganggu adanya kista.. Utk meyakinkn hal itu ibu perlu HSG, kalo ibu takut berarti ibu tdk ingin mengetahui apa sbtlnya yg jd penyebab ibu blm hml lg.” Nah itu jawaban beliau. Oleh karena itu sebaiknya ibu lakukan saja pemeriksaan HSG itu. Walaupun memang sakit sakit tersebut masih bisa dtahan. buktinya selama ini saya lihat pemeriksaan HSG pasiennya tenang dan tidak knapa2. Semoga jawaban ini membantu ibu dan ibu segera diberi momongan kembali :)

  5. Alhamdulillah, dengan adanya penjelas ttg HSG membuat sy tenang. 20/02/13 jam 09.00 sy melakukan HSG semua berjalan lancar.

  6. Salam kenal, sebulan yg lalu sy sudah di hsg. Tapi gagal karena dr radiologi tidak dapat memasukkan kateter ke mulut rahim?? Sebelumnya hasil usg trans vagina dr bilang kondisi rahim bagus. Logikanya usg trans vagina dapat menembus mulut rahim kenapa kateter hsg tdak dapat? Terimakasih atas penjelasannya. Salam

    1. salam kenal juga. sebelumnya saya minta maaf.. saya sendiri belum pernah malihat USG transvaginal langsung. Alat yg digunakan pd pemeriksaan HSG lebih sulit dibanding dengan usg transvaginal. apalagi bila menggunakan katetr untuk memasukan media kontras.

    2. salam kenal mba, saya jg senasib nih td saya hsg tp gagal krn kateter nya ga bisa masuk. saya jg udah berkali2 usg transvaginal dan berhasil. renc hr sabtu baru mau ke spog nya untuk konsultasi. td browsing ternyata ada spog yg menyarankan klo seorang spog harusnya ada waktu hsg krn yg paling tau seluk beluk organ wanita spog bukan radiolog. semoga spog saya mau mendampingi waktu saya hsg lg.. amiiiinnn…

  7. salam kenal… ikutan nimbrung ya, rencananya bsok pagi sy mw HSG. program anak kedua. tp msh takut jg sih, baca cerita dr temen2 katanya sakit. yg mw sy tanyakan, sebelum HSG apakah harus minum antibiotik dulu atw gak ? soalnya seminggu yg lalu sy kontrol & diksh antibiotik tp gak sy minum mengingat 2 minggu sblmnya sy kontrol dksh antibiotik & sy habiskan. (november 2012 yg lalu sy op kista.)

    1. salam kenal juga. terimakasih sudah mampir blog saya. menurut saya penggunaan antiseptik itu bertujuan untuk mencegah iritasi maupun infeksi. Biasanya cuma diberi antiseptik pada daerah vagina, tapi untuk penggunaan antibiotik belum pernah tahu kemungkinan tujuannya agar pasien yg lebih tahan terhadap penyakit dan tidak mudah infeksi. Jadi sebelum pemeriksaan HSG tidak harus minum antibiotik malah yg disarankan diberi obat penenang, dan anti spasmodik untuk mengurangi ketegangan dan rasa sakit.

  8. Maaf Ada yg mau saya tanyakan, apa kah HSG bisa dilakukan jika siklus haid saya tidak (Dan Sudah 3bulan saya tidak mens) padahal setelah periksa saya tidak juga hamil. Mohon penjelasannya?

    1. terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. menurut saya masih bisa dilakukan pemeriksaan HSG. untuk waktu pelaksanaannya nanti dokter radiologi yang akan menjadwalkannya. mungkin itu dari saya maaf bila masih kurang jelas.

  9. mas mau tanya.. memang kenapa kalau mau tes HSG kita tidak boleh berhubungan? terus mas 1 lagi.. berhubungan disini sama ga pengaruhnya dengan masturbasi. makasih

    1. terimakasih. sebelumnya tujuan dari pemerksaan HSG ini biasanya pada wanita dg diagnosa infertil baik primer maupun sekunder. kenapa sebelum pemeriksaan ini tidak boleh berhubungan?? karena bisa saja pasien yg dHSG sudah terbuahi pada saat dHSG. sehingga janin yg telah ada di rahim pasien malah terganggu. jadi lebih baik jangan berhubungan dulu bila mau melakukan pemeriksaan HSG. munggin itu semoga bisa membantu.:D

  10. mas, bisa dibantu tidak sya dapat tugas, penjelasan tentang monograf salfingogram beserta gambar dan cara kerjanya. sya cari2 tidak ada. maksih atas jawabannya

    1. waduh saya jg baru denger mas.. dari katanya mono = tunggal/ satu graf = gmbar salphingogram = gambaran kelenjar ludah jd lw gak salah monograf salphingogram= pemeriksaan radiografi kelenjar ludah yg menghasilkan satu gambran. tp coba cari lg saya jg baru denger mas :D

    1. waduh saya jg baru denger .. dari katanya mono = tunggal/ satu graf = gmbar salphingogram = gambaran kelenjar ludah jd lw gak salah monograf salphingogram= pemeriksaan radiografi kelenjar ludah yg menghasilkan satu gambran. tp coba cari lg saya jg baru denger :D

  11. mas saya kemaren Hsg setelah baca hasilnya ternyata ada sumbatan terus saya dianjurkan ikut fisioterapi sinar,apakah saya bisa hamil lagi

  12. selamat sore mas
    hari senin depan saya disarankan melakukan HSG, krna saya sudah 1 tahun lebih menikah belum ada tanda” kehamilan, tapi saya takut krna byak yang bilang di HSG itu sakit, jadi msh kepikiraan sampai saat ini, apakah ada hal yang bisa membantu saya agar tidak terlalu merasa kesakitan saat HSG. terima kasih sebelumnya. :)

    1. selamat sore juga ibu tien… untuk mengurangi rasa sakit ibu harus rileks dan tenang saat dilakukannya pemeriksaan. selain itu biasanya diberi obat pereda rasa sakit. semoga pemeriksaan HSG anda lancar amin.. :)

  13. Mas.. saya mau tanya.. istri saya ada jadwal untuk tes HSG, tapi 2 hari sebelumnya saya dan istri melakukan hubungan intim, ( menggunakan ala kontrasepsi kondom ).
    Apakah hal tersebut menimbulkan masalah dengan hasil tes?? tolong infonya,,
    Terimakasih.

    1. menurut saya tidak.. tujuan dr tdak boleh dilakukan hub sebelum HSG karena ditakutkan sudah terjadi pembuahan dalam rahim dan kemudian dilakukan HSG sehingga pembuahan tersebut malah gagal.. kurang lebih seperti itu..

      1. tanya dong mas. setelah kita melakukan HSG, kapan kita diperbolehkan untuk berhubungan intim lagi? terima kasih.

  14. mas mau tanya, setelah hsg memang terjadi pendarahan ya? kalau ya sampai brp lama umumnya? soalnya sy jumat kemarin hsg, sampai hari ini msh keluar darah walaupun tidak banyak, hanya seperti keputihan, tp terasa tidak nyaman dan menganggu ibadah sy. trmksh jawabannya

  15. Selamat Sore,
    Apakah HSG prosedurny sama dengan Hidro, krn mengingat saya sudah pernah hidro 2X…dan menurut saya teramat sakit….
    Jika akan dilakukan HSG apakah bisa saya dibius selama 5menit, dan berapa menitkah proses HSG dilakukan, Terimakasih atas jawabannya

    salam
    Yenny

  16. assalamualaikum,,,
    terimakasih mas bro, saya juga sedang mencari hal tentang Pemeriksaan Radiografi Histerosalpingografi, sangat membantu

      1. saya sdh hsg awal bulan kemaren Alhamdulillah hasilnya patent dua2nya.. yang ingin saya tanyakan haid saya berikutnya jadi maju & sakit sekali.. belum pernah saya mengalami haid sesakit ini.. apakah ini ada hubngnya sama HSG saya kemaren.

  17. Selamat Pagi…
    Saya menstruasi tgl 14 juli’14…kmrn tgl 22 Juli 2014, hari ke 9 saya melakukan HSG, hasilnya patent. tdk ada maslah.
    yang akan sy tanyak…haid saya memang tidak teratur..awal dan akhir bulan…tp bulan iini tengah bulan sy br mens…habis menjalankan HSG katanya itu bercak..cm tetesan..tp setelah sy lihat hari kedua sampai skrg tgl 25 juli’14…baunya spt menstruasi keluar banyak….
    sy langsung konsultasi ke dokter spesialis kandungan..katanya ga masalah..itu memang akan terjadi 3 – seminggu.
    YANG AKAN SAYA TANYAKAN :
    1. Saya takut klu itu benar2 mens..
    2. Trus saya menghitung tgl suburnya kapan…
    3. Apakah dr hasil HSG sdh bisa dinyatakan rahim bersih dan tidak ada masalah…

    matur nuwun,

  18. saya pernah HSG dan pada saat di masukan alat2 nya ke vagina dokter bilang tba falopi saya bentuk nya abnormal alias bersudut, so susah untuk alat itu masuk, tp dokter nya memaksakan alat tersebut supaya ttp masuk, sampai saya merasakan alat tersebut masuk secara di dorong dan akhir nya kluar darah segar, saya merasa ada yg terluka di dalam karena alat tersebut di paksa masuk (saya merasakan “krek” di rahim). sampai beberapa menit saya tidak bisa berdiri,akhir nya saya di bantu perawat untuk ke toilet darah masih menetes deras. 2 hari stlh itu saya merasakan perut bagian kiri sangat sakit,seperti usus buntu,saya tdk bisa buang angin,buang air kecil dan buang air besar. sampai saya minum obat herbal dan akhir nya sembuh. Yang saya mau tanya apakah proses HSG yang di lakukan dokter tersebut sudah benar atw bagaimana? Tks atas penjelasan nya,,,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s