Bidang-bidang pada Tubuh

Dalam Anatomi Fisiologi kita mengenal berbagai macam bidang tubuh. Bidang-bidang tubuh tersebut sangat penting diketahui seorang radiografer agar dapat manentukan posisi pasien dalam pemeriksaannya. Misalkan, posisi pasien tersebut benar-benar true AP, true PA, ataupun true Lateral. Posisi ini akan mempengaruhi gambaran radiogaf yang nantinya akan dihasilkan. Hal ini sepele tapi jika tidak di perhatikan maka hasil radiograf tidak akan optimal.

Seluruh dimensi dari tubuh manusia seperti yang terlihat dalam posisi anatomis, secara umum dapat dibagi melalui penggunaan bidang tubuh imajiner. Bidang ini membelah tubuh pada tingkat yang ditunjuk dari segala arah. Berikut empat bidang tubuh yang mendasar sebagaimana dimaksud dalam ilustrasi radiografi.

Sagittal Plane (Bidang Sagital)

Sagital plane adalah bidang yang membagi seluruh tubuh atau bagian tubuh ke dalam segmen dekstra (kanan) dan sinistra (kiri). Bidang ini merupakan bidang vertikal yang melalui tubuh dari depan ke belakang. Midsagittal Plane (MSP) adalah suatu bidang sagital tertentu yang melewati garis tengah tubuh dan membaginya menjadi dua bagian kanan dan kiri sama besar.

Coronal Plane (Koronal Bidang)
Coronal plane adalah bidang yang membagi seluruh tubuh atau bagian tubuh ke dalam segmen anterior (depan) dan posterior (belakang). Bidang ini melewati tubuh secara vertikal dari satu sisi ke sisi lain. Midcoronal Plane (MCP) adalah bidang koronal tertentu yang melewati garis tengah tubuh, membaginya menjadi dua bagian anterior dan posterior yang sama. Bidang ini sering disebut sebagai bidang midaxillary. Karena berimpit dengan axillary line.

Horizontal Plane (Bidang Horisontal)
Horisontal plane adalah suatu bidang melintang melalui tubuh atau bagian tubuh dan tegak lurus dengan bidang sagital dan koronal. Bidang ini membagi tubuh menjadi bagian superior dan inferior. Seringkali disebut sebagai bidang transversal atau aksial.

Oblique Plane (Bidang miring)
Oblique plane adalah suatu bidang yang membagi tubuh atau bagian tubuh menjadi dua melewati bagian tubuh pada setiap sudut antara tiga bidang yang dibahas sebelumnya (Sagittal, Coronal, dan Horizontal).

Bidang-bidang Khusus

Selain bidang-bidang tubuh umum yang sering dipakai dalam pemeriksaan radiografi, ada juga dua bidang khusus yang digunakan dalam pemposisian radiografi. Bidang ini terlokalisasi ke area tertentu dari tubuh saja.
Bidang-bidang khusus tersebut meliputi

Interiliac Plane
Interiliaca plane adalah bidang pada pelvis (panggul). Bidang ini terletak di atas crista iliaka prosesus spinosus lumbal. Bidang  ini digunakan dalam posisioning vertebra lumbal, sacrum, dan koksigis.

Bidang Oklusal
Bidang oklusal dibentuk oleh permukaan mulut yang menggigit, pada gigi atas dan bawah dengan rahang tertutup. Bidang ini digunakan dalam posisi dari proses proyeksi gigi dan beberapa posisi Cranium (kepala).

Bidang-bidang di atas digunakan untuk memudahkan dalam memposisikan tubuh pasien pada pertengahan tubuh dengan pertengahan kaset (IR), atau center ray. Selain itu bidang-bidang tersebut digunakan untuk memastikan bahwa bagian tubuh dengan benar berorientasi dan selaras dengan IR. Sebagai contoh, midsagittal plane ditempatkan pada pertengahan dan tegak lurus terhadap IR dengan sumbu panjang sejajar IR untuk bidang yang sama. Bidang-bidang tersebur juga dapat digunakan untuk menentukan sinar pusat proyeksi. Sinar pusat untuk proyeksi (AP) anteroposterior misalnya, melewati paralel bagian tubuh ke bidang sagital dan tegak lurus terhadap bidang koronal. Kualitas pencitraan radiograf memerlukan perhatian untuk semua hubungan antara bidang tubuh, IR, dan central ray.
Penggunaan bidang tubuh sangat diperlukan dalam computed tomography (CT), magnetic resonance imaging (MRI), dan ultrasonografi (USG) untuk mengidentifikasi orientasi pembagian anatomi tubuh atau irisan, yang ditunjukkan dalam prosedur. Pencitraan dalam beberapa bidang sering digunakan untuk menunjukkan bagian tubuh.

About these ads

Tentang bocahradiography

Radiografer Muda lulusan DIII Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang
Tulisan ini dipublikasikan di Anatomi Fisiologi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Bidang-bidang pada Tubuh

  1. reza berkata:

    bagian2 regio besr apa2 sj
    tnahks

    • bocahradiography berkata:

      terimakasih sudah berkunjung di bocah radiography
      mksud regio besar apakah regio abdominal????
      jika regio abdominal yang anda maksud maka regio abdominal

      Superior
      • Right hypochondrium
      • Epigastrium
      • Left hypochondrium

      Middle
      • Right lateral
      • Umbilical
      • Left lateral

      Inferior
      • Right inguinal
      • Hypogastrium
      • Left inguinal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s